Diperkirakan Dana Desa Tahun Depan Tambah Besar

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo (Foto: Desa Hebat)

WIRANESIA.ID – Pemerintah saat ini tengah membahas rencana kenaikan dana desa tahun depan yang diperkirakan naik hingga Rp 85 Triliun.

Demikian diungkapkan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo seperti dikutip dari sindonews.com. Eko mengatakan, beberapa waktu lalu dalam Rapat Kabinet Paripurna Presiden Joko Widodo sudah menyatakan harapannya bahwa tahun depan dana desa akan naik lebih tinggi dari tahun ini.

Kementerian Keuangan menyatakan kemungkinan adanya alokasi dana desa sebesar Rp 75 triliun-Rp 85 triliun. Kenaikan ini, katanya, nanti akan dibahas lagi dengan DPR karena harus ada persetujuan dengan DPR dulu.

“Presiden pada dasarnya selalu menginginkan meningkatkan dana desa. Kemarin dalam rapat kabinet paripurna Menkeu kemungkinan akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp75-Rp85 T,” kata Dia di Jakarta, Ahad (11/3/2018).

Dijelaskan Eko, kenaikan dana desa memang sangat bergantung dari kesiapan perangkat desa. Namun setelah lebih dari empat tahun bergulir, tambahnya, kesiapannya seharusnya sudah lebih baik dan kasus penyimpangannya pun bisa dikurangi.

Selain kesiapan perangkat desa, katanya, dana desa akan dinaikkan tahun depan karena APBN juga mengalami kenaikan. Dia mengungkapkan, pencapaian kesiapan perangkat desa diluar ekspektasi sebab ternyata mayoritas mereka sudah sudah mampu mengelola.