Tim Safety Riding Capella Honda Riau Sosialisasikan Pentingnya Menggunakan Helm

Acara ini diakhiri dengan pengumuman pemenang praktek, dan foto bersama dari pihak sekolah, Honda Sei Pakning, dan instruktur safety riding bersama seluruh peserta
Acara ini diakhiri dengan pengumuman pemenang praktek, dan foto bersama dari pihak sekolah, Honda Sei Pakning, dan instruktur safety riding bersama seluruh peserta

WIRANESIA.ID – Fenomena pelajar yang malas mengenakan helm, melanggar rambu lalu lintas saat berkendara memang memberikan keresahan tersendiri. Hal ini disebabkan karena rendahnya tingkat kesadaran pelajar dalam berkendara dengan aman atau yang sering dikenal dengan safety riding.

“Sekarang ini banyak kecelakaan terjadi pada anak sekolah. Dengan adanya kegiatan safety riding diharapkan mampu mengubah kebiasaan yang salah saat naik sepeda motor,” ungkap Pimpinan Cabang Dealer Honda Sei Pakning Ediman saat membuka acara di SMA Negeri I Bukit Batu, Sei Pakning pada 23 April 2018 lalu.

Selain itu, lanjut Ediman, kegiatan safety riding yang hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya di SMA Negeri I Bukit Batu merupakan bentuk komitmen Honda dalam menekan angka kecelakaan dan kepedulian Honda dalam keamanan masyarakat diberbagai jenjang pendidikan mulai dari usia dini atau taman kanak-kanak (TK), SD, SMP, SMA, Universitas hingga dilingkungan pemerintahan juga perusahaan.

“Bentuknya tentu Edukasi. Disamping itu kami harapkan pula kegiatan ini mampu mempererat hubungan silaturahmi antara Honda dan pihak sekolah,” tutur Ediman.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN I Bukit Batu, Bapak Edi Yusri menyoroti lingkungan pelajar ataupun pemuda di Bukit Batu ini yang suka memodifikasi sepeda motor/kendaraannya. Namun hasil modifikasi tersebut banyak yang meresahkan masyarakat. Contohnya, mengganti knalpot standar, mengubah bentu body sepeda motor, atau bahkan mengganti ukuran ban sepeda motor yang sebenarnya justru membahayakan pengendaranya.

“Dalam kesempatan ini, kami juga butuh penjelasan mengenai, bagaimana modifikasi sepeda motor yang baik dan benar sesuai dengan standar Honda,” ujar Edi Yusri.

Dalam pemaparannya, Steven selaku Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau menyampaikan bahwa pentingnya slogan #Cari_Aman. Karena menurutnya, slogan #Cari_Aman, si pengendara harus mengenakan helm dan jaket agar aman, nyaman serta selamat saat berkendara.

“Bahwa, mengenakan helm dan jaket saat ini tidak hanya sebagai kebutuhan saja tetapi juga sebagai gaya hidup (life style). Sebelum mencari hal-hal berharga dalam hidup, disarankan #cari_aman terlebih dahulu,” tegas Steven.

Sosialiasasi di SMAN I Bukit Batu diikuti 70 orang siswa yang sudah dipilih oleh pihak sekolah. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat yakni, indoor dan outdoor praktek langsung.

Materi yang disampaikan juga sangat beragam. Mulai dari pengetahuan penyebab terbesar terjadinya kecelakaan oleh faktor manusia sebesar 90%, juga faktor kendaraan dan lingkungan sebesar 10% dan lain sebagainya.

Selain materi yang dipaparkan di dalam ruangan berupa pengecekan kendaraan sebelum mengendarainya, postur yang benar dalam berkendara, seluruh siswa yang mengikuti sosialisasi ini juga diminta untuk mengikuti praktek langsung di luar ruangan dengan praktek berkendara. Ini disambut sangat antusias oleh peserta karena mereka diganjar hadiah menarik yang dibagikan ke peserta terbaik.