Syamsuar Buka Seminar Nasional, Sebuah Upaya Meningkatkan Harga Kelapa yang Terpuruk

Penandatanganan MoU Foto: Riaukepri.com

WIRANESIA.ID- Pada Senin (25/3/2019) pagi, Gubernur Riau, Syamsuar, membuka Seminar Nasional yang diadakan di Gedung Daerah Engku Kelana, Kota Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil).

Seminar yang bertajuk “Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal Produk Unggulan Daerah Kabupaten Inhil” ini adalah sebagai upaya dalam rangka meningkatkan nilai jual kelapa yang terpuruk di Inhil belakangan ini.

“Dari seminar ini saya juga berharap lahirnya solusi jangka pendek, menengah, dan panjang terhadap produk daerah, terutama kelapa. Semoga seminar nasional ini merupakan kebangkitan harga kelapa di Inhil,” kata Syamsuar saat membuka Seminar Nasional dikutip Riaukepri .com.

Harapan yang sama juga disampaikan Bupati Inhil HM. Wardan. Seminar Nasional baginya adalah untuk meningkatkan harga kelapa di kabupaten yang sejak dulu identik dengan kelapa ini.

“Harga kelapa pada saat ini anjlok. Sementara industri turunan dari kelapa belum bisa mendukung. Kita berharap dengan seminar ini harga kelapa bisa naik sesuai dengan harapan semua pihak,” ujar Wardan dikutip GoRiau.

Kabupaten Inhil adalah sebuah kabupaten yang memiliki perkebunan kelapa yang sangat luas. Dalam catatan Bupati HM. Wardan, luas perkebunan kelapa di Kabupaten Seribu Parit ini adalah 423 ribu hektare, yang berarti terluas di dunia.

“Hari ini masyarakat Inhil, merasakan harga kelapa anjlok padahal 70 persen masyarakat Inhil menggantungkan hidupnya dengan kelapa. Akibanya, perekonomian lesu,” ungkap Wardan tadi malam saat ramah tamah Gubri Syamsuar dengan masyarakat Inhil di kediaman rumah dinas bupati.

Gubernur Riau juga membawa para pengusaha dalam kunjungan kerjanya ke Inhil selama dua hari ini. Ini dilakukan oleh Gubri untuk memecahkan permasalahan ekonomi masyarakat Inhil yang mayoritas adalah petani kelapa itu. ***