Melihat Aktivitas Sholat Tarawih di Masjid Abu Bakar Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan

Jemaah sedang khusuk mendengarkan ceramah. Foto-foto: Wiranesia.id

WIRANESIA.ID-Lubuk Linggau- Waktu mulai menunjukkan jam 19.05 Wib, jamaah satu demi satu mulai berdatangan di Masjid Abu Bakar, Jln Kali Kesik Water Vang, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Kaum bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak remaja serta kanak-kanak nampak mengisi masjid ini. Tepat jam 19.15 Wib waktu sholat telah tiba, dan azan pun dikumandangkan. Kebetulan keponakan saya M. Arif Fitrian malam ini ditugasi azan sholat isya’. Arif yang baru duduk di kelas V Sekolah Dasar ini, mampu mengumandangkan suara azan dengan baik. Alhamdulillah. Maha Besar Allah. Dan di masjid ini di sampingnya berdiri gedung Madrasah Diniyah Awaliyah untuk anak-anak belajar ilmu agama dan belajar mengaji.

Dalam sholat tarawih malam keenam ini yang bertindak sebagai imam sholat Isya’ dan sholat sunnah tarawih adalah Bapak Ustad Edi Abu Sam’an. Sholat tawarih di Masjid Abu Bakar ini 11 Rakaat. Sholat Tarawih berlangsung penuh kekhusukan. Jamaah masih padat dan penuh semangat.

Tentang Ashaduanna Muhammadarrosulullah

Ceramah agama di masjid Abu Bakar ini dilaksanakan usai sholat tarawih. Ceramah Ramadhan diberi judul “Ashaduanna Muhammadarrosulullah” yang disampaikan oleh Bapak Ustad Edi Abu Sam’an. Diawal disampaikan bahwa ini ceramah lanjutan dari judul-judul sebelumnya.

Ustad Edi dalam ceramah singkatnya menjelaskan di hadapan jamaah bahwa Nabi Muhammad membawa risalah, dan sebagai hambanya kita wajib memuliakan Nabi Muhammad dan mencontohinya.

Nabi Muhammad adalah seorang hamba dan seorang rasul, dan kita sebagai seorang Muslim seharusnya mengikuti seluruh tindakannya. Mudah-mudahan kita termasuk hamba-hamba yang bertawakal dan beruntung dengan dua kalimat syahadat ini dan bisa membawa kita ke surganya Allah SWT.

Sungguh luar biasa, usai sholat tarawih jamaah masih tetap bertahan dan tenang mendengarkan ceramah agama yang disampaikan Ustad Edi, dan diakhiri dengan makanan snack ringan berupa kue-kue dan minuman yang diberikan oleh hamba Allah yang bersedekah malam ini. Wassalam. *** (Liputan tim Wiranesia.id/ZH).