Saviola, Bocah Ajaib Bengkalis yang Perkuat Timnas U-16 di China

Savi ola Tribun
M. Alif Saviola asal Duri, Bengkalis akan membela Tim Nasional U-16. Foto: Tribunpekanbaru.com

WIRANESIA.ID- Saviola, bocah ajaib asal Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dipercaya untuk memperkuat tim pelajar sepakbola U-16 pada kompetisi Gothia Cup 2019 di Negeri Tirai Bambu, China.

Manajemen Tim Pelajar U-16 Indonesia memanggil Muhammad Alif Saviola, gelandang Tim U-16 Tiga Naga FootballAcademy, melalui surat resmi yang diterima Koordinator Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora (LBU-16) Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, satu lagi anak Riau dipanggil untuk memperkuat Tim Pelajar U-16 Indonesia yang akan dikirim ke Gothia Cup 2019 di China,” kata Yuki Chandra, Koordinator LBU-16 Provinsi Riau di Pekanbaru, Minggu (7/7).

Dalam surat yang ditandatangani Muhammad Kusnaeni Asisten Manajer (Team Leader) Tim Pelajar ini, disebutkan bahwa Alif Saviola harus menjalani pemusatan latihan tanggal 4-8 Agustus 2019 sebelum menuju China pada 8-18 Agustus 2019.

“Alif Saviola masuk dalam 18 orang pemain inti, kami mengharapkan berkas administrasi terutama paspornya untuk segera dikirimkan, untuk pengurusan visa,” kata Kusnaeni yang dihubungi terpisah.

Dikatakan Kusnaeni, Alif Saviola dipanggil berdasarkan hasil pemantauan Tim Pemandu Bakat Kemenpora RI yang dipimpin Maman Suryaman, pada Seri Nasional Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2018 lalu di Bali.

Alif Saviola adalah pemain Tiga Naga FA, wakil Provinsi Riau pada Seri Nasional, setelah berhasil menundukkan SSB Patriot Muda Kuok, pada partai final Seri Provinsi yang memperebutkan Piala Gubernur Riau 2018.

Di Bali, perjalanan Tiga Naga FA terhenti di babak 16 besar, namun penampilan gelandang enerjik ini dengan performa rajin dan konsisten, telah membuat para pemandu bakat terpesona.

“Ada sesuatu dalam dirinya, jika diberikan kesempatan yang lebih menantang, kami yakin kemampuannya akan semakin berkembang,” kata Kusnaeni, menuturkan kembali alasan pemandu bakat.

M. Alif Saviola adalah pemain yang berasal dari Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, sebelum bergabung dengan Tiga Naga FA, pemain kelahiran 2003 ini pertama kalinya belajar sepakbola di SSB DSKM Duri.

Begitu bergabung dengan Tiga Naga FA, putra dari Asril ini langsung mendapat tempat di posisi pemain inti Tim U-16, dan bergabung dengan rekan-rekannya yang umumnya kelahiran 2002.

Pemanggilan Alif Saviola ini membuat jajaran manajemen Tiga Naga FAtak menyangka sama sekali jika tim pemandu bakat dari Kemenpora RI, benar-benar obyektif dan memberikan kesempatan secara terbuka.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kemenpora RI kepada anak didik kami, Alif Saviola untuk membela Tim Pelajar U-16 Indonesia pada Gothia Cup 2019 di China,” kata Hidayat, Manajer Tiga Naga FA. Antara. ***