Nopriyadi, Duta Kabupaten Bengkalis Raih Perak Bulu Tangkis di O2SN Tingkat Provinsi Riau

Novriyadi
Nopriyadi, peraih medali perak bulu tangkis tunggal putra O2SN SMK se-Provinsi Riau di Pekanbaru

WIRANESIA.ID- Pekanbaru- Sejak awal Nopriyadi sudah bertekad ingin berprestasi di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat SMK se-Provinsi Riau yang diadakan di Pekanbaru.

Setelah menempuh perjalanan jauh dari Pulau Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, ia tiba di kota Pekanbaru Sabtu (27/7/2019) siang. Tentu saja ia tampil di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Provinsi ini setelah mengalahkan lawan-lawannya di Bengkalis sana.

Remaja putra yang berasal dari SMK Dharma Maitreya Kota Bengkalis ini berhasil meraih juara 1 cabang bulu tangkis di kabupaten yang tenar dengan ikan terubuknya itu.

Setelah juara, otomatis Nopri—begitu panggilan kesehariannya—menjadi duta kabupatennya di cabang bulu tangkis tunggal putra untuk kemudian bertarung di tingkat provinsi.

Lalu, dimulailah perhelatan olahraga tingkat SMK se-Provinsi Riau itu. Pertandingan diadakan di GOR Angkasa, Pekanbaru, dari tanggal 28 hingga 31 Juli 2019. Seluruh kabupaten di Riau sudah siap dengan tekad meraih prestasi tertinggi. Tak terkecuali Bengkalis.

Pada akhirnya Nopri yang lahir pada tahun 2001 masih tetap berprestasi di ajang yang lebih tinggi ini, meski bukan yang terbaik. Ia berhasil meraih medali perak dengan menjadi juara dua cabang bulu tangkis. Di partai final ia dikalahkan oleh pebulutangkis perwakilan Meranti. Uang 2.000.000 rupiah pun ia raup dari keberhasilannya itu.

Nopri, ketika diwawancarai Wiranesia mengatakan, ia merasa bangga dengan dikirimnya ia menjadi duta Bengkalis ke tingkat provinsi.

“Saya banggga sekali, apalagi bisa meraih juara dua cabang bulutangkis,” ujar Nopri.

Nopri juga bercerita banyak terkait kesukaannya pada bulu tangkis. Ia mengatakan, bermain bulu tangkis sudah ia lakoni sejak kelas enam SD. Setelahnya, ia terus mengasah kemampuannya di klub bulu tangkis RBC Bengkalis. Di klub ini ia berlatih dengan tekun, hingga akhirnya ia meraih prestasi juara 1 bulu tangkis putra tingkat SMK se-Bengkalis.

Siti Nurbaiti, Duta Kabupaten Bengkalis di Tunggal Putri
Duta Kabupaten Bengkalis lain adalah seorang remaja putri dari Desa Palkun, Kecamatan Bengkalis. Sebut saja namanya Siti Nurbaiti. Ia berangkat dari Bengkalis bersama-sama Nopriyadi Sabtu lalu.

Sama seperti Nopriyadi, Nurbaiti atau Beti panggilannya, juga bertekad mendulang prestasi di ajang O2SN Provinsi Riau.

Beti mengaku anak seorang buruh di Kabupaten Bengkalis. Namun, itu tak menghalanginya untuk berprestasi di cabang bulu tangkis di kabupaten yang dikenal juga dengan tokoh Laksamana Raja Dilaut-nya ini.

Juara 2
Siti Nurbaiti (kiri) dan Nopriyadi, atlet bulu tangkis tingkat SMK kebanggaan Kabupaten Bengkalis. Foto-foto: Dok.Pribadi

Beti bersekolah di SMK I Kota Bengkalis. Ia jauh-jauh datang dari pelosok Bengkalis ke Kota Bengkalis demi menggapai prestasi.

“Desa saya berada di pelosok, sekitar dua jam-lah dari Kota Bengkalis,” cerita Beti kepada Wiranesia, Rabu (31/7/2019).

Inilah yang membuat Beti terus bersemangat meraih cita-cita. Berkat kerja kerasnya, ia meraih banyak prestasi di cabang bulu tangkis di Bengkalis. Pada tahun 2015, remaja putri kelahiran 2003 ini berhasil meraih juara dua cabang bulutangkis tingkat SD. Prestasinya berlanjut pada 2016 saat ia meraih juara satu tingkat SD se-Kabupaten Bengkalis. Puncaknya adalah saat ia menggondol juara pertama bulu tangkis SMK se-Kabupaten Bengkalis 2019. Semuanya di ajang O2SN.

Remaja yang bercita-cita ingin menjadi pramugari ini, pun melanjutkan petualangannya di ajang O2SN tingkat provinsi Riau. Sayangnya, ia kandas di babak pertama oleh perwakilan Kabupaten Pelalawan.

Namun, itu tak membuatnya putus asa. Pencapaiannya sejauh ini membuatnya bangga. Lagi pula, kata Beti, ia mendapatkan kawan yang banyak saat perhelatan olahraga di Kota Pekanbaru ini. Selain itu, sambung Beti, banyak pula pengalaman yang didapatnya.

Lalu, ke depannya remaja yang mengidolai Liliyana Natsir (pemain bulu tangkis nasional) ini ingin tampil lagi di ajang O2SN Provinsi tahun berikutnya. Semoga bisa! Tahniah! (Darwin)***