Gubernur Riau Tanda Tangani SK Kurikulum Muatan Lokal Budaya Melayu

Melayu Bal adat RTV
Balai Adat Melayu Riau di Kota Pekanbaru. Foto: RTV.com

WIRANESIA.ID- Kemarin Jumat (9/8/2019), sempena hari jadi ke-62 Provinsi Riau, Gubernur Syamsuar menandatangani SK penetapan Kurikulum Muatan Lokal Budaya Melayu Riau untuk tingkat SMA/SMK/sederajat.

Dengan ditetapkannya SK tersebut Gubernur menginstruksikan kepada semua SMA/SMK/sederajat untuk mulai menerapkan kurikulum tersebut.

“Khusus untuk tingkat SD/madrasah ibtidayah sederajat, kami mengeluarkan instruksi kepada bupati dan wali kota se-Provinsi Riau untuk menetapkan kurikulum muatan lokal budaya Melayu Riau, dikarenkan untuk tingkat SD/madarasah ibtidayah sederajat merupakan tanggung jawabn bupati dan wali kota,” ujar Syamsuar usai rapat paripurna DPRD Provinsi Riau dengan agenda peringatan hari jadi ke-62 Provinsi Riau, Jumat (9/8).

Syamsuar menyebut, kurikulum muatan lokal ini sebenarnya sudah dicanangkan pada masa kepemimpinan Gebernur Riau Arsyad Juliandi Rachman. Syamsuar berharap dengan penerapan kurikulum ini anak-anak dan remaja di Riau mengenal budaya dan tunjuk ajar melayu.

“Agar anak-anak kita bisa menerima berbagai pihak yang nanti hadir di tengah masyarakat kita, dan sekaligus menjunjung kebersamaan dan kerukunan. Inilah harapan kita agar nanti budaya Melayu ini bisa mengalir kepada anak-anak kita di masa yang akan datang,” sebut dia. Riaumandiri.co. ***