Menpar Arief Yahya: RoRo Dumai-Malaka Akan Beroperasi Tahun ini

Menpar Arief dumai
Menpar Arief Yahya saat meninjau Pelabuhan Bandar Seri Junjungan Kota Dumai, Selasa (20/8) lalu. Foto: KabarBisnis.com

WIRANESIA.ID- Momen kunjungan kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya ke Riau beberapa hari ini dimanfaatkan pejabat Riau untuk berdiskusi dan mendesak kementerian itu agar lebih memerhatikan lagi pariwisata di Bumi Melayu. Bahkan Arief Yahya menjanjikan tahun 2020 even Pacu Jalur Kuansing akan masuk agenda kalender wisata nasional.

Selain itu, Arief Yahya juga mengatakan, penyeberangan RoRo Dumai-Malaka akan beroperasi pada Oktober 2019 nanti.

“Pelabuhan penyeberangan RoRo Dumai adalah merupakan akses penting sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara tercepat ke Provinsi Riau,” kata Arief Yahya kepada GoRiau kemarin Rabu (21/8/2019).

Rute jalur laut ini dilayani PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dari Dermaga A Pelabuhan Pelindo I Dumai dan Pelabuhan Tanjung Bruas, Malaka (Malaysia).

Dalam kunjungannya ke Dumai Selasa (20/8) lalu, Menpar mengatakan perlunya renovasi dermaga A Pelindo I Dumai, supaya sesuai dengan kapasitas kapal.

“PT ASDP Indonesia Ferry diminta Kemenhub untuk mendukung penyediaan kapal RoRo, untuk mempermudah konektivitas di rute ini,” demikian Arief Yahya seperti dinukil Antaranews.com.

Menurut Gubernur Riau, Syamsuar, untuk pengoperasian penyeberangan RoRo lintasan Dumai – Malaka, direncanakan menggunakan kapal di atas GT 1000.

Rute Dumai-Malaka memang menjadi target pemerintah Riau untuk memajukan ekonomi dan pariwisata Riau.

Saat ini menurut data pihak Imigrasi Dumai, baru 7447 wisatawan mancanegara yang masuk lewat Pelabuhan Dumai per Juli 2019. ***