AHM & Capella Honda Bawa Pembalap Muda Berprestasi di Honda Dream Cup Tour 2019

WIRANESIA.ID – Mengawali event bergengsi Honda Dream Cup 2019 Pekanbaru, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pabrikan sepeda motor Honda di Indonesia bersama PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) selaku main dealer Honda wilayah Riau Daratan menyelenggarakan Honda Dream Cup Tour 2019. Kegiatan ini digelar di SMK Negeri 5 Pekanbaru, Sabtu (24/8/2019).

Salah satu SMK binaan PT CDN yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) ini menjadi sekolah yang dikunjungi untuk sosialisasi. Kegiatan HDC Tour ini merupakan sebuah kegiatan yang memperkenalkan pelajar tentang dunia balap dan tingkat prestasi yang bisa dicapai di arena balapan.

Drs.Dwi Bowo Sukmono, M.M, Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Pekanbaru menyambut hangat dan berterima kasih atas kedatangan tim  Honda di acara HDC Tour 2019. Dengan adanya kegiatan ini sangat membantu para siswa yang awam tentang dunia balap menjadi lebih tahu bahwa ada wadah yang jelas untuk menyalurkan bakat dan skill dalam hal balapan.

“Apalagi di usia ini para siswa lebih sering ngebut-ngebutan di jalan raya dan hal tersebut bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa,” ringkasnya.

Antusiasme ke 64 siswa yang mengikuti kegiatan ini kian terlihat setelah Gerry Salim seorang pembalap muda berprestasi di bawah naungan PT Astra Honda Motor sudah memiliki banyak prestasi di Nasional hingga internasional.

Sugeng, Motor Sport PT Astra Honda Motor menyampaikan bahwa prinsip Honda yakni harus menaruh mimpi setinggi-tingginya. “Kami disini mendukung pebalap yang memiliki kemampuan dan skill, melatih dan merangkul untuk sama-sama berjuang dalam setiap kesempatan seperti Kejurnas, Asia, Junior Asia Championship dan berharap ada putra bangsa yang sampai di area Grand Prix,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Ia juga menyampaikan pesan jangan pernah ragu untuk mempunyai mimpi yang setinggi-tingginya, karena jarak mimpi dan kenyataan hanyalah usaha. “Kami disini siap untuk mendukung dan berusaha untuk membuat perkembangan dalam pencapaian prestasi untuk teman-teman semua,” tutupnya.

Selanjutnya dalam kegiatan ini siswa-siswa juga dibekali dengan penjelasan tentang posisi-posisi saat berada dalam arena balapan. Apa saja yang tidak boleh dan diperbolehkan saat berada dalam lintasan. Dan juga disosialisasikan terkait cari aman di jalan, sehingga para siswa mampu untuk membedakan cara berkendara di arena balap dan jalan raya dengan baik.

Gerry Salim, pembalap muda Indonesia berprestasi yang berada dibawah naungan PT Astra Honda Motor menjelaskan posisi-posisi pada saat berada dilintasan sirkuit dan hal apa saja yang harus diperhatikan dalam area balapan maupun sebelum berada dilintasan. Gerry juga menyampaikan pengalaman, suka -duka dan prestasi-prestasi yang sudah ia capai pada kegiatan ini.

“Semangat, disiplin waktu, menjaga kebugaran tubuh, latihan fisik, latihan race dan harus terus mengasah kemampuan  dan skill saat diarena balapan merupakan kunci sukses meraih mimpi dan prestasi, tutupnya.

Honda Dream Cup 2019

Diakhir kegiatan, siswa dibekali informasi terkait acara Honda Dream Cup 2019 yang diadakan tanggal 25 Agustus 2019 di Sirkuit Stadion Sport Center Rumbai Pekanbaru dengan panjang lintasan 1.050 meter dengan 4 tikungan ke kanan dan 2 tikungan kekiri. Para siswa juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan menarik didalamnya seperti Gymkhana Competition tingkat pelajar, serta bisa melihat langsung bagaimana pertandingan balapan di lintasan sirkuit nantinya.

Adapun hingga saat ini peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti pertandingan Honda Dream Cup 2019 sebanyak 105 peserta terbagi dalam 11 kelas dengan kelas-kelas sebagai berikut :

  1. HDC 1 – Honda Sonic 150R / Supra 150 Tune-Up Expert, 10 peserta
  2. HDC 2 – Honda Sonic 150R / Supra 150 Tune-Up Novice, 7 peserta
  3. HDC 3 – Honda Sonic 150R / Supra Standart Rokie U-16, 8 peserta
  4. HDC 4 – Honda Sonic 150R / Supra Standart Pemula U-12, 0 peserta
  5. HDC 5 – Honda CBR150 Standar Open, 13 peserta
  6. HDC 6 – Honda Supra GTR 150 Standar Open MD/DL, 8 peserta
  7. HDC 7 – Honda CRF150L Supermoto Standar Open MD/DL, 12 peserta
  8. HDC 8 – Honda CRF150L Supermoto Tune Up s/d 180cc Open, 5 peserta
  9. HDC 9 – Honda Matic Standar s/d 130cc Open, 21 peserta
  10. HDC10 – Honda Matic Tune-Up 150cc Open, 10 peserta
  11. HDC 10 – HondaMatic Standar s/d 130cc Wanita, 11 peserta