Capella Honda Riau Jadikan Siswa SMKN 1 Bangkinang Pelopor Safety Riding

WIRANESIA.ID – Pelopor safety riding dikalangan siswa-siswa sekolah tingkat menengah atas dan sederajat terus ditelurkan main dealer Honda PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau. Tujuannya adalah untuk meminimalkan angka kecelakaan di usia produktif atau di kalangan pelajar.

Demikian disampaikan Pimpinan Dealer PT CDN Bangkinang Yudo Oktora dalam kegiatan kampanye dan sosialisasi safety riding dihadapan 80 siswa SMK Negeri 1 Bangkinang yang dilaksanakan tanggal 29 Agustus 2019 lalu.

Yudo mengucapkan terima kasihnya kepada kepala sekolah dan seluruh siswa yang ikut dalam kegiatan tersebut. Yudo berharap kepada SMK N 1 Bangkinang sebagai sekolah binaan PT CDN dapat menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.

“Jadi siswa SMKN 1 Bangkinang bukan saja mahir dalam bidang pendidikan teknik sepeda motor Honda tetapi juga menjadi contoh dan pelopor safety riding di jalan raya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Bangkinang Djunaidi M.Pd dalam sambutannya meminta siswa SMK Negeri 1 Bangkinang dapat menjadi penyambung informasi dan pelopor safety riding.

“Ilmu yang kalian dapat hendaknya mulai diterapkan dari diri kita masing-masing. Lalu disampaikan kepada keluarga, tetangga dan teman-teman di sekolah. Jadi tolong ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” tegas Djunaidi sambil menyampaikan terima kasih kepada Capella Honda Riau atas terlaksananya kegiatan safety riding ini.

Selanjutnya dalam pemaparan materi, Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau Steven meneybutkan faktor penyebab kecelakaan didominasi oleh manusia.

Untuk menghindari kecelakaan, selain mengikuti segala aturan yang baik di jalan raya, pengguna sepeda motor wajib menggunakan helm. Serta perlengkapan lainnya seperti jaket yang merupakan bentuk perlindungan diri saat berkendara. Selain itu lanjutnya, skill berkendara juga harus dikuasai.

“Contohnya seperti teknik pengereman, teknik berbelok, dan keseimbangan. Hal ini wajib diketahui dan dipraktekkan untuk #cari_aman,” tegas Steven.

Usai penyampaian materi diruangan, kegiatan dilanjutkan praktek dilapangan menggunakan sepeda motor Honda. Semua peserta berkesempatan mencoba langsung ilmu keselamatan berkendara yang sudah mereka peroleh di ruang kelas.

Sebagai kenang-kenangan, tim safety riding Capella Honda Riau menyerahkan plakat dan sejumlah bantuan alat-alat olah raga.