Kapolres Pelalawan M. Hasyim Risahondua Serahkan Drone Kepada Dua Polsek

Pllw polres Drone
Kapolres Pelalawan AKBP M. Hasyim Risahondua SIK MSI serahkan peralatan drone untuk dua Polsek pada Senin 30/9/2019. Foto: Wiranesia.id

WIRANESIA.ID- Kapolres Pelalawan AKBP M. Hasyim Risahondua, S.IK. M,Si menyerahkan 2 unit drone kepada dua Polsek . Kedua polsek itu adalah Kapolsek Pangkalan Kerinci yang diterima AKP Novaldi SH MSi dan Kapolsek Kerumutan oleh Iptu Fajri SH.

Penyerahan dilakukan saat upacara apel pagi, Senin (30/9/2019) di Mapolres Pelalawan, Kota Pangkalan Kerinci.

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan bahwa penyerahan drone guna membantu meringankan kerja anggota dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah masing–masing polsek.

”Ya hasil dari beberapa indikator penilaian, terutama yang telah memenuhi syarat dan penanganan yang cepat, maka Wakapolres bersama Kabag Ops mengajukan bentuan drone untuk 2 polsek, yakni Pangkalan Kerinci dan Kerumutan. Tentunya ke depan akan dikembangkan kepada seluruh polsek guna penanggulangan karhutla,” ungkap Kapolres.

Ditambahkannya, maksud dan tujuan bantuan drone adalah sebagai pengamat wilayah, situasi di udara untuk membantu anggota sebagai petunjuk wilayah, arah dan jalan.

“Ya pemberian drone sebagai alat tambahan bagi anggota untuk menuju TKP, mempermudah pemantauan dan petunjuk jalan. Jadi pantauan udara dapat melihat lembah, bukit, rawah, dan jalan menuju TKP. Tentu mempermudah untuk mengetahui medan yang akan ditempuh. (Apalagi) sebagian lahan yang terbakar terkendala akses jalan. Kita tidak tahu hambatan di depan. Drone bukan gaya – gayaan tapi mempermudah, mengatasi rintangan yang ada sehingga penanggulangan lebih maksimal, efektif, dan efisien,” kata Mantan Kapolres Rokan Hulu itu.

Kapolres juga berharap agar operator drone di setiap Polsek yang menerima bantuan untuk segera dilatih.

”Kapolsek nanti menunjuk operator drone untuk dilatih. Penggunaan drone tentu juga tidak asal–asalan sehingga penggunaannya di lapangan terutama dalam penanggulangan karhutla berjalan lancar,” ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan anggotanya untuk siaga dan siap sedia dalam segala hal dan kemungkinan terutama soal karhutla.

”Kondisi lahan dan hutan di Kabupaten Pelalawan tentu perlu kewaspadaan bagi kita sebagai anggota dalam pengawasan, penanggulangan, dan penindakan. Perhatian Kabupaten Pelalawan di tingkat nasional harus segera digeser. Kita harus bekerja lebih ekstra dalam penanggulangan karhutla,” tukasnya. ***