Band Hulubalang Kucing Itam Pukau Penonton di Pembukaan Pelalawan Expo

Hulu b
Gitaris Hulubalang Kucing Itam, Taufik Akbar. Foto-foto: dok Hermansyur

WIRANESIA.ID- Pangkalan Kerinci- “Mana dia si songket hitam…/ Hendak kubuat samping…/ Hendak kulamar anak mak andam/ Takut kene tempeleng….” itulah lirik lagu dari sang vokalis, Iman, yang membuat terpukau para pengunjung Pelalawan Expo tadi malam (6/10/2019).

Band Hulubalang Kucing Itam pimpinan Taufik Akbar ini tampil memukau penonton di pembukaan Pelalawan Expo, di Pangkalan Kerinci, tadi malam. Lagu-lagu yang mereka bawakan membuat pengunjung hanyut dalam nuansa musik bertema Melayu menghentak yang menjadi ciri khas mereka.

Terlihat pengunjung Pelalawan Expo mengabadikan penampilan band asal Sorek Satu, Pangkalan Kuras ini, lewat ponsel mereka. Ada yang merekam lewat video dan ada pula yang menjepret menggunakan fasilitas kamera gawai mereka.

Salah seorang penonton asal Desa Tanjung Kuyo, Kecamatan Pangkalan Lesung, sebut saja namanya Ijal, juga ikut mengabadikan aksi panggung band yang juga aktif di media Youtube ini.

“Luar biasa, band Hulubalang ini. Mengangkat kebudayaan Melayu ke dalam lagu-lagunya. Band yang mempunyai kualitas beda dengan band-band kebanyakan di Riau,” sebut Ijal.

Band Hulubalang Kucing Itam tampil di panggung Pelalawan Expo tadi malam sambil membawakan lagu andalannya. Lagu pertama adalah “Joget Mak Andam” yang dipopulerkan oleh penyanyi Melayu legendaris, Ahmad Jaiz.

Di sela lagu, Taufik, sebagai gitaris sempat melontarkan sedikit kritik dan saran bagi pejabat pemerintah Pelalawan yang hadir.

“Di Pelalawan ini fasilitas kesenian masih kurang, sepertinya perlu lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah ke depannya,” kata gitaris yang pernah kuliah di ISI Yogyakarta ini.

Lalu mengalunlah lagu kedua, yang berjudul “Bujang Sial”. Ini adalah salah lagu yang menjadi andalan Hulubalang Kucing Itam selama ini.

Suasana Pelalawan Expo tadi malam juga nampak ramai dan padat. Area sekitar panggung tempat tampilnya Band Hulubalang Kucing Itam yang berada di seberang jalan depan Kantor Bupati Pelalawan disesaki pengunjung.

Banyak juga orang-orang berjualan aneka jenis makanan dan minuman sekitar 50 meter di arah depan panggung. Di bagian kantin makanan ini, juga padat oleh penikmat kuliner.

Pelalawan Expo dihelat dalam rangka ulang tahun Kabupaten Pelalawan yang jatuh pada 12 Oktober 2019 nanti. Dibuka tadi malam hingga sepekan mendatang, Pelalawan Expo juga menampilkan berbagai stand dan atraksi kesenian lainnya. Menurut rencana, artis gambus Nissa Sabyan akan ikut meramaikan malam puncak 12 Oktober nanti. *** darwin