Turnamen Mekong Cup yang Disponsori Zulfan Heri Berakhir, Mekong Putra FC Rebut Juara Pertama

ZH Mkg 1
Zulfan Heri (tengah) menyerahkan hadiah kepada manajer Naga Kuning FC yang berhasil meraih juara dua turnamen Mekong Cup, Kepulauan Meranti. Foto-foto: Wiranesia

WIRANESIA.ID- Kepulauan Meranti- Turnamen Mekong Cup ke-16, Desa Mekong, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti berakhir Minggu (6/10/2019). Pada partai puncak, tim Mekong Putra FC berhasil mengandaskan perlawanan Naga Kuning FC 4-3 lewat adu penalti.

Pertarungan berlangsung sengit antara Mekong Putra FC (Desa Mekong) dan Naga Kuning FC (Desa Alah Air). Di waktu normal skor 0-0 harus diterima kedua tim, sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Suasana final semakin meriah pula karena jalannya pertandingan disampaikan Pakcik Bo lewat pengeras suara. Pakcik Bo adalah komentator bola dari Teluk Belitung, Kecamatan Merbau.

Sementara sehari sebelumnya, Klub Smanthree FC berhasil meraih peringkat ketiga setelah menumbangkan Rajawali FC.

Turut hadir dalam penutupan Mekong Cup 2019 di antaranya Zulfan Heri selaku sponsor utama, Wakil Bupati Meranti, Said Hasyim, Kapolres Meranti, Kapolsek Tebing Tinggi Barat, anggota DPRD Riau dapil Meranti, Bengkalis, dan Dumai Muhammad Adil, Ketua KONI Meranti Hendrizal, pengurus PSSI Meranti, Pelatih Semen Padang, dan salah satu pelatih PSSI dari Jakarta.

Penonton 3
Pertandingan final berlangsung di Stadion Purnama Desa Mekong, Kepulauan Meranti antara Mekong Putra FC vs Naga Kuning FC, Minggu (6/10/2019)

Penonton yang hadir di partai final kali ini diperkiran mencapai 4000 orang. Terlihat dari padatnya area lapangan Stadion Purnama Desa Mekong.

Kepada Wiranesia, Zulfan Heri menyampaikan rasa syukurnya karena turnamen yang berlangsung sekitar 46 hari ini berjalan sukses.

“Acara berjalan sukses, lancar, tertib, suasana kegembiraan saat menonton final begitu terasa. Terlihat dari para penontonnya yang terdiri dari penggemar bola, tokoh masyarakat, pemuda, dan kalangan emak-emak pun hadir,” cerita Zulfan.

Hadiah Penontn
Zulfan Heri menyerahkan hadiah kepada penonton terbaik di turnamen Mekong Cup 2019

Tak lupa Zulfan juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat di turnamen.

“Selaku sponsor, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya Mekong Cup ini, juga kepada Pemerintahan Desa Mekong. A. Rahman Kades Mekong turut serta mendorong kegiatan ini, bahkan ikut memberikan bantuan pada penonton terbaik,” ujar Zulfan.

Tidak hanya dalam hal olahraga, efek dari turnamen ini, kata Zulfan Heri juga dirasakan masyarakat Meranti. Terutama masyarakat yang berjualan selama sebulan lebih di sekitar Stadion Purnama.

“Turut membantu ekonomi masyarakat Meranti, utamanya para pedagang,” tutur mantan anggota DPRD Riau ini.

Ng Kuning
Tim Naga Kuning FC

Untuk para juara berhak mendapatkan uang pembinaan plus tropi. Masing-masing juara pertama mendapatkan uang 15.000.000 rupiah, juara kedua 10.000.000 rupiah, juara ketiga 7.000.000 rupiah, dan juara keempat 5.000.000 rupiah. Sementara untuk top skorer dan pemain terbaik juga mendapatkan uang tunai dari sponsor utama, Zulfan Heri.

Zulfan Heri Konsisten Mensponsori Mekong Cup
Turnamen Mekong Cup telah berjalan sejak lama. Hingga pada tahun 2019 ini memasuki penyelenggaraan ke-16 kali. Selama itu pula Zulfan Heri tetap konsisten mendukung dan mensponsori turnamen ini. Zulfan Heri menuturkan, bahkan awalnya pada tahun 2004, ia menyumbang mulai dari Rp.500.000, meningkat setahun berikutnya 5 juta rupiah, dan terus meningkat lagi hingga saat sekarang ini.

“Sejak tahun 2004 saya mensupport dan terlibat di turnamen ini, hingga tahun 2019, kecuali pada penyelenggaraan tahun 2015 dan 2016, hanya dua tahun itu saja saya tidak terlibat,” sebut Zulfan.

Tidak hanya dalam hal hadiah turnamen, Zulfan mengakui, selama ini ia juga mendukung fasilitas turnamen seperti bola, jaring gawang, serta lapangan.

“Pada tahun 2011, waktu itu saya anggota DPRD Riau, saya juga memperjuangkan dana aspirasi untuk fasilitas pagar lapangan Desa Mekong ini,” tukas Zulfan.

Setelah usai even Mekong Cup, menurut rencana, Zulfan Heri juga akan mengadakan turnamen serupa di dua titik di Meranti dalam waktu dekat. Rencananya dua turnamen itu akan dihelat masing-masing di Pulau Rangsang dan Pulau Padang.