Kebijakan Pemprov Riau: Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor Mulai Hari ini

Pakajak RP
Petugas dari Bapenda Riau memberikan brosur penghapusan denda pajak kendaraan kepada warga di area CFD, Ahad (13/10/2019). Foto: Riaupos.co

WIRANESIA.ID- Gubernur Riau, Syamsuar memberlakukan penghapusan denda pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor. Peraturan Gubernur itu mulai diberlakukan pada 15 Oktober hari ini hingga 14 Desember 2019 mendatang.

Gubernur Riau mengharapkan melalui program ini akan dapat lebih mengoptimalkan penerimaan perpajakan daerah khususnya PKB dan BBNKB II.

Di samping itu program pemutihan denda pajak ini juga untuk memperoleh data aktual objek pajak melalui pemutakhiran data kendaraan.

“Tentunya kita harapkan melalui penghapusan denda pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor dapat memberikan kesempatan sekaligus meringankan kepada masyarakat membayar kewajibannya pajak kendaraan dan bea balik nama,” kata Gubri, Senin (7/10/19) pekan lalu dikutip portal Riau.Go.id.

Kebijakan pemutihan denda pajak ini terus disosialisasikan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, salah satunya di arena hari bebas kendaraan di kota Pekanbaru Minggu kemarin.

Kepala Bapenda Riau, Drs H Indra Putrayana MSi menjelaskan, pemberlakuan penghapusan denda pajak tersebut, diberikan kepada kendaraan bermotor roda dua, roda empat dan sebagainya.

“Itu termasuk kendaraan pemerintah, angkutan umum, dan alat berat,” ujar Drs H Indra Putrayana MSi, dikutip Riaupos.co.

Untuk diketahui, terkait pelayanan pajak yang bebas denda ini masyarakat bisa menghubungi Samsat terdekat di tempatnya masing-masing di seluruh Riau. ***