Presiden dan Wapres RI Dilantik, Jokowi Akan Dobrak Rutinitas yang Monoton

Foto: BPMI/Detik.com

WIRANESIA.ID- Jakarta- Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin resmi memimpin bangsa ini hingga lima tahun mendatang. Tepat pukul 16.04 wib tadi, Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Jokowi dan Ma’ruf Amin juga membacakan sumpah jabatan di hadapan rohaniwan.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

Setelah pembacaan sumpah, acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Presiden dan Wapres.

Dalam pelantikan yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo ini, tampak Presiden Jokowi memakai jas berwarna biru, sedang KH Ma’ruf terlihat menggunakan jas berwarna hitam.

Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung soal targetnya ke depan. Ia menyampaikan mimpi Indonesia pada tahun 1945, dimana usia Indonesia saat itu sudah satu abad. Jokowi berpendapat, seharusnya pada tahun 1945 Indonesia sudah keluar dari jebakan kelas menengah dan masuk menjadi negara dengan ekonomi lima besar dunia.

Lebih lanjut, Jokowi juga akan mendobrak rutinitas protokoler dan rapat-rapat yang kaku selama ini. Artinya ia tidak mau tetap pada rutinitas yang monoton.

“Sekali lagi, mendobrak rutinitas adalah satu hal. Meningkatkan produktivitas adalah hal lain yang menjadi prioritas. Jangan lagi kerja kita berorientasi proses, tapi harus berorientasi pada hasil-hasil yang nyata,” kata Jokowi dalam pidato perdananya setelah dilantik.

Mahruf an
Foto: Antara

Hadir dalam pelantikan Presiden dan Wapres kali ini Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarno Putri, Mantan Wapres Hamzah Has, Boediono, Jusuf Kalla, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, serta para pemimpin dan perwakilan negara sahabat.

Acara pelantikan yang dimulai pukul 15.30 tadi ditutup pukul 17.00. Acara pelantikan Presiden dan Wapres usai, ditandai dengan diketoknya palu oleh ketua MPR dan ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. ***