Operasikan Kapal Roro Dumai-Malaka, Jangan Sampai Wisatawan Hanya Numpang Lewat di Dumai

Fptp: Tribun Pekanbaru

WIRANESIA.ID- Kota Dumai merupakan kota industri yang langsung berbatasan dengan negara tetangga Malaysia, serta menjadi pintu masuk segala urusan perindustrian, termasuk pintu masuk wisatawan asing maupun lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Dumai, Fauzi Efrizal menjelaskan, dengan akan dibukanya akses kapal roro Dumai-Malaka, tentunya jumlah kunjungan industri ataupun wisatawan ke Dumai akan meningkat. Terlebih akan segara selesainya jalan tol Dumai Pekanbaru.

Menghadapi semua perubahan tersebut, menurutnya, Kota Dumai sebagai kota yang letaknya strategis tentunya akan semakin ramai. Dumai akan menjadi akses utama yang menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya.

Karena itu, Fauzi tak ingin Dumai hanya menjadi tempat lewat saja, terutama bagi para wisatawan dari luar negeri.

“Jangan sampai Dumai hanya tempat numpang lewat saja oleh wisatawan luar negeri yang mau ke daerah lain. Minimal para wisatawan itu bisa membelanjakan uangnya di Kota Dumai,” katanya, Selasa (22/10).

Agar para wisatawan atau pengunjung tidak hanya numpang lewat di Dumai, pihaknya sudah punya tiga konsep utama untuk dikembangkan. Di antaranya konsep wisata kuliner, wisata pusat perbelanjaan dan jajanan, serta wisata budaya di Dumai.

Kuliner Melayu
Diakui Fauzi, Dumai memiliki kuliner-kuliner Melayu yang sangat menggugah selera, kemudian pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat jajanan serta oleh-oleh berkualitas.

“Kita juga punya banyak budaya suku bangsa yang ada di Dumai, kita memiliki sekitar 17 suku bangsa. Kalau kita buat kegiatan-kegiatan budaya suku yang ada di Dumai, tentunya akan menarik perhatian wisatawan dan pengunjung dari dalam dan luar negeri,” tuturnya.

Fauzi yakin, jika konsep-konsep ini dikembangkan dan dijalankan, maka Kota Dumai tidak akan menjadi tempat ‘numpang lewat’ saja oleh para pengunjung.
Selain itu, obyek wisata yang ada di Dumai juga akan dikembangkan lebih bagus, agar menjadi daya tarik oleh para wisatawan dan pengunjung yang datang ke Dumai.

“Kita juga memiliki pantai Puak atau Marina yang tak kalah indah dengan pantai lain, yang sudah kita kelola menjadi obyek wisata andalan Kota Dumai,” tambahnya. Tribunpekanbru.com. ***