Berkunjung ke Siak, Dubes Malaysia Puji Kebudayaan Melayu Tetap Terjaga

WIRANESIA.ID- Duta Besar Malaysia Datuk Zainal Abidin Bakar, kagum melihat pembangunan dan kebudayaan Melayu di Kabupaten Siak yang berkembang pesat, hal tersebut ia katakan dalam kunjungan kerjanya di Siak Sri Indrapura, Sabtu (26/10/19) siang kemarin lusa, bertempat di kediaman Bupati Siak Drs H Alfedri M.Si.

Dalam sambutannya ia menceritakan, Kabupaten Siak sama seperti pembangunan di Malaysia, bahkan katanya budaya Melayu di siak lebih terjaga dari negerinya Malaysia.

“Setelah saya melihat, saya rasa di Malaysia kurang jika dibandingkan dengan budaya Melayu di Siak. Melihat bangunan-bangunan di Siak sangat bagus dengan ada khas corak Melayunya. Yang lebih membuat saya bangga selaku orang Melayu, saat melihat budaya dan adat Melayu yang masih terjaga,” ungkapnya.

Katanya lagi, selain instruktur bangunan bercorak Melayu di Siak, budaya Melayunya sangat kental dibandingkan dengan negaranya sendiri.

“Wajar saja oghang Malaysia banyak berkunjung ke Siak untuk mencari tahu tentang sejarah yang ada di sini, tentang kerajaan Melayu yang masih ada kaitannya dengan Johor Malaysia,” terangnya di hadapan Bupati dan Unsur Forkopimda Siak.

Selain itu, tujuan Duta Besar negeri jiran tersebut ke Siak adalah untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Siak dalam sektor pariwisata dan industri yang ada di Tanjung Buton.

“Untuk informasi,kunjungan kerja kami kewilayahan Sumatra seperti Aceh,Medan dan Provinsi Riau 26 sampai 27 Oktober ini, merupakan sempena visi promosi Malaysia ditahun 2019 untuk menawarkan investasi kerjasama di sektor pariwisata dan industri,” pungkasnya.

Usai pertemuan, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi dan Duta Besar Malaysia Datuk Zainal Abidin Bakar bertukar memberikan cenderamata.

Pantauan Infosiak.com, hadir saat itu Ketua DPRD Siak Azmi, Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Azni, Kepala Dinas Kesehatan Siak Toni Chandra, serta Unsur Forkopimda Siak, TNI-POLRI dan Tokoh pemangku adat dan Agama Kabupaten Siak dan Malaysia. Sumber: Infosiak.com. ***