M. Iriawan, Seorang Jenderal Polisi jadi Ketua Umum PSSI

Pssi Bule
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, Ketua Umum PSSI yang baru. Foto: Antara

WIRANESIA.ID- Jakarta- Mochamad Iriawan alias Iwan Bule terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019- 2023 dalam Kongres PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Iwan menang mutlak dengan angka 82 suara dari 86 pemilih (voter). Iwan mengungguli 2 calon caketum lainnya, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono.

Sebelumnya ada 11 calon ketua umum PSSI yang lolos verifikasi, namun 8 di antaranya mengundurkan diri karena menganggap kongres PSSI menyalahi aturan.

M. Iriawan berlatar belakang institusi kepolisian. Pangkatnya saat ini adalah komisaris jenderal (bintang tiga). Ia merupakan lolosan Akademi Kepolisian tahun 1984. Dengan demikian, ia merupakan Ketua PSSI pertama dari kepolisian.

Iwan Bule lahir di Tanah Abang, Jakarta, pada 31 Maret 1962. Ia menikah dengan Novita Ariyanti dan dikaruniai 5 orang anak.

Pada pertengahan 2018, nama Iriawan mencuat setelah diangkat sebagai Plt Gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan. Sebelumnya, saat di institusi kepolisian Iwan pernah menangani kasus besar seperti kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, saat itu ia menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya tahun 2008. Pada tahun 2016 ia sempat pula menduduki posisi strategis sebagai Kapolda Metro Jaya.

Foto: Kumparan.com

Terkait dipilihnya Iwan sebagai Ketum PSSI, berikut penjelasan dari salah satu delegasi PSSI daerah, yakni Ketua Asprov PSSI Sultra, Sabaruddin Labamba, beberapa waktu lalu.

“Pak Iriawan, yang beberapa kali menduduki jabatan strategis di Kepolisian menjadi potret penggiat olahraga sepak bola Tanah Air untuk mengusung beliau menahkodai PSSI,” kata Sabaruddin dikutip Tirto.id.

Iwan sendiri pun menargetkan prestasi tinggi sepak bola Indonesia ke depannya.
“Pada tahun 2020, saya memulai modernisasi program pembinaan. Tahun 2021, Indonesia menggapai juara Asia Tenggara, tahun 2022, juara Asia dan lolos Piala Dunia 2026,” kata Iwan masih dikutip Tirto.id. ***