Dekati Gelar Michael Schumacher, Lewis Hamilton Juara Dunia Keenam Kalinya

Lewis Hamilton. Foto: Getty Images

WIRANESIA.ID- Austin, AS- Lewis Hamilton meraih gelar juara dunia Formula 1 tahun 2019. Hasil itu didapat usai pebalap Mercedes tersebut finis kedua di Grand Prix Amerika Serikat.

Di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Senin (4/11/2019) dini hari WIB, Hamilton finis kedua di bawah rekannya di Mercedes, Valtteri Bottas. Sedang posisi tiga ditempati pebalab Red Bull, Max Verstappen. Hasil itu sudah cukup membuat Hamilton mengunci gelar juara dunia 2019.

Tambahan 18 poin membuat Hamilton kini mengoleksi 381 poin. Pria asal Inggris itu unggul 67 poin dari Bottas di posisi kedua, dan tidak akan terkejar di dua seri tersisa.
Ini adalah gelar juara dunia keenam Hamilton di Formula 1. Setelah menjuarai ajang F1 tahun 2008, 2014, 2015, 2017, dan 2018.

Tinggal satu gelar juara dunia lagi, maka Hamilton akan menyamai rekor legenda balap asal Jerman, Michael Schumacher. Michael Schumacher masih mengoleksi juara dunia F1 terbanyak dengan 7 tropi.

Lewis Hamiton, lahir di Inggris pada 7 Januari 1985. Dikutip dari Wikipedia, Hamilton pernah menjadi juara dunia F1 termuda dalam usia 23 tahun 9 bulan, memecahkan rekor sebelumnya yang dimiliki Fernando Alonso.

Hamilton juga tercatat sebagai pebalap pertama Formula 1 yang berkulit gelap yang meraih gelar juara enam kali.

Warisan kulit hitam Hamilton didapatnya dari sang Ibu, Carmen Brenda Larbalestier yang menikah dengan pria Inggris berkulit gelap, Anthony Hamilton. ***