9 Ribu Penandatangan Petisi UI Pecat Ade Armando

Ade ar
Dosen Fisip UI, Ade Armando. Foto: Detik.com

WIRANESIA.ID- Jakarta- Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando, selalu menuai kontroversi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Salah satunya yang terbaru adalah kritikan buat Gubernur Anies Baswedan. Ia mengunggah foto atau meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mirip Joker, karakter penjahat super fiksi yang dikenalkan oleh DC Comics itu.

Akibatnya, ia dilaporkan oleh anggota DPD RI Fahira Idris ke pihak kepolisian pada 1 November 2019 lalu. Menurut Fahira, Ade diduga melanggar Pasal 32 ayat 1 jo Pasal 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Atas laporan ini, Ade pun melakukan pembelaan.
Meme itu sendiri bukan buatan saya. Tapi saya secara sadar menyebarkannya, karena isinya memang sesuai dengan apa yang ingin saya sampaikan kepada Anies dan kepada publik,” ujar Ade Armando, Sabtu (2/11), dikutip Kompas.com.

Tak berhenti hingga di sini, muncul pula petisi di Change.org. Isinya meminta Ade Armando agar dipecet dari kampusnya, UI.

Menurut laporan CNNIndonesia.com, hingga kini, petisi UI Pecat Ade Armando ini sudah ditanggapi lebih dari 9 ribu penandatangan.

Masih dikutip dari CNNIndonesia.com, petisi ini dibuat sejak Senin, 4 November 2019, kemarin. Akun pembuatnya adalah atas nama Nadine Olivia.

Menanggapi petisi ini, Ade Armando memberikan komentarnya. Menurutnya, petisi tersebut adalah sebuah upaya pelemahan daya kritis terkait potensi korupsi di Pemprov DKI Jakarta.

“Sekarang kalau ditambah lagi dengan desakan untuk mencabut status dosen saya, bahwa semakin kuat kan. Sehingga menurut saya ini adalah sebuah upaya yang terorganisasi yang ramai-ramai dilakukan ya. Tidak sendiri,” kata Ade, Selasa (5/11) dikutip CNNIndonesia.com. ***