Pemerintah Desa Tambun Selenggarakan Pelatihan Kapasitas Aparatur Desa

tambun Bdr Ptl
Camat Bandar Petalangan, Faisal SStp, Kepala Desa Hendri T (dari kiri-kelima depan), dan perangkat Desa Tambun.

WIRANESIA.ID- Tambun, Bandar Petalangan- Pemerintah Desa (Pemdes) Tambun, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa di Aula Kantor Desa Tambun, Selasa (5/11/2019). Hadir dalam kesempatan ini Camat Bandar Petalangan Faisal, S.STP sekaligus sebagai narasumber, Kepala Desa Tambun Hendri T, Sekretaris Desa Tambun Aryunit Safri, Ketua BPD Muktaridi J, dan aparatur Desa Tambun lainnya.

Tema yang diangkat dalam pelatihan ini adalah: ”Memahami Tugas Pokok dan Fungsi Aparatur Pemerintahan Desa”. Pelatihan dibuka oleh Camat Bandar Petalangan, Faisal, S.STP.

Dalam pemaparannya, Camat Faisal mengatakan, pelatihan ini penting dalam menunjang berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Desa Tambun.

Faisal mengungkapkan, kegiatan ini dapat menuntun aparatur desa mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing serta mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, dan pelaporan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa. Selain itu, aparat dapat terampil dalam pembuatan sistem keuangan desa.

“Kepada setiap aparatur diharapkan agar melalui pelatihan ini dapat memberikan dampak positif dalam seluruh kegiatan di desa dan terutama untuk penggunaan dana desa,” ujarnya.

Kepala Desa Tambun Hendri T juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah desa dan juga mengetahui tentang manajemen administrasi desa.

Kepala desa dua periode ini juga mengatakan, melalui kegiatan ini aparatur desa dapat mengelola pembangunan desa sejak tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelestarian kegiatan serta mampu menyusun dokumen RPJMDes, Dokumen RKPDes, dan Dokumen APBDes. ***