Tokoh Riau Maimanah Umar Meninggal Dunia, Akan Dimakamkan di Samping Suami

WIRANESIA.ID- Salah satu tokoh perempuan Rau, Maimanah Umar dikabarkan meninggal dunia di Malaka, Malaysia, Senin (2/12/2019) sekitar pukul 14.30 wib.

Meninggalnya mantan anggota DPD-RI ini, dibenarkan salah satu anaknya, Firdaus. Menurut Firdaus, ibunya meninggal di Malaka setelah sempat dirawat selama 10 hari.

“Iya, betul. Saya rencana tadi mau (menjenguk) berangkat sore ini ke Malaka, tapi karena dapat kabar itu (meninggal dunia) saya tidak jadi berangkat, karena harus bersiap-siap juga di sini (Pekanbaru),” kata Firdaus, dikutip Tribunpekanbaru.com.

Menurut rencana, kata Firdaus, masih dikutip Tribunpekanbaru, jenazah tokoh perempuan Riau ini akan dikebumikan di pemakaman yang berada di Jalan Kubang Raya, Kampar, dan akan dimakamkan dekat dengan sang suami, almarhum Maridin Arbis, yang juga dimakamkam dikomplek pemakaman tersebut.

“Rencana besok dikebumikan di Kubang, karena bapak (suami Maimanah Umar) kan di sana juga kuburannya,” katanya.

Maimanah Umar lahir di Teratak Buluh, pada 5 Mei 1937. Ia sudah kenyang pengalaman di bidang perpolitikan, mulai dari Riau hingga tingkat nasional. Tercatat ia pernah menjadi anggota DPRD Riau di zaman Orde Baru, pada kisaran tahun 1977 hingga tahun 1998, selanjutnya anggota DPD dapil Riau dari 2004-2019. Pada 2019, ia tidak mencalonkan diri lagi karena faktor usia, dan anaknya yang meneruskan tongkat estafet itu. Misharti terpilih menjadi anggota DPD dapil Riau pada pemilihan umum 2019 lalu.

Selain seorang politisi, Maimanah Umar juga dikenal sebagai tokoh yang peduli dengan kaum perempuan dengan melibatkan diri dalam organisasi perempuan. Bidang lain yang tak lepas dari tokoh yang juga pendakwah ini adalah pendidikan. Ia mendirikan lembaga pendidikan Yayasan Masmur atau Ashabul Maimanah di Riau. ***