Antisipasi Banjir, BPBD Pelalawan Bersama Instansi Terkait Adakan Rakor

banjir Pllw des
BPBD Pelalawan bersama instansi terkait rakor penanggulangan banjir, Selasa, 10/12/2019

WIRANESIA.ID- Wilayah Kabupaten Pelalawan beberapa hari terakhir dilanda banjir, khususnya Desa Lubuk Kembang Bunga di Kecamatan Ukui. Pemerintah Kabupaten Pelalawan pun mengantisipasi hal tersebut dengan beragam cara. Instansi terkait yang membidangi bencana, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung mengambil tindakan cepat.

Selasa (10/12/2019) di ruang rapat Dinas Pelerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci, BPBD Pelalawan bersama Satlantas Polres Pelalawan, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pelalawan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka penanggulangan banjir di wilayah Kabupaten Pelalawan.

Dalam giat antisipasi penanggulangan banjir tahun 2019 ini, hadir Kasat Lantas Polres Pelalawan dengan diwakili KBO Sat Lantas IPDA Osben Samosir, Kanit Dikyasa IPDA Dymas Bagus Bimantara, S.Trk, Plt. Hadir pula Kadis PUPR yang diwakili Kabid Sumberdaya Air, Rekikom, Staf BPBD, Staff Dinas Perhubungan, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pelalawan dan 10 personil dari satlantas Polres Pelalawan.

Adapun hasil rapat koordinasi yang tersimpulkan dalam upaya antisipasi penanggulangan banjir tersebut dan pihak-pihak terkait seperti Dinas PUPR Pelalawan akan melakukan pembersihan gorong-gorong dan drainase di simpang Kualo dan depan PLN untuk membuat aliran air di drainase tersebut dapat berjalan lancar dan tidak akan meluap diatas permukaan jalan.

Sementara pembuatan rambu-rambu berupa peringatan banjir dan pengalihan arus lalin, akan dikerjakan oleh Dishub yang sekaligus pengaturan lalu lintas dengan kesiapan Dishub mengirimkan personilnya jika terjadi banjir di Jalan Lintas Timur.

Kemudian satuan polisi pamong praja (Satpol PP) mengambil bagian dengan memberikan suatu masukan dan saran dalam hal mendirikan posko bencana alam/banjir di daerah Desa Kemang.

Selanjutnya Dinas BPBD akan juga mengambil bagian dalam upaya penangulangn bencana alam/banjir dengan menyiapkan/mendirikan posko bencana alam jika terjadi banjir.

Seusai rapat koordinasi penanggulangan bencana alam/banjir tahun 2019 yang dibuka langsung oleh KBO Sat Lantas IPDA Osben Samosir dan dilanjutkan survey debit air di ponton Langgam, pada pukul 07.00 wib, debit air setinggi 179 cm dan pada pukul 10.30 debit air naik setinggi 2 cm dikarenakan hujan.

Peninjauan debit air ini oleh Satlantas Polres Pelalawan bersama BPBD, Dishub, Satpol PP dan PUPR Pelalawan, dilakukan di sungai Kampar yang bertempat di Ponton PT. RAPP dan Kualo, Kecamatan Pangkalan Kerinci. ***