Pendidikan Jadi Prioritas Utama Pemkab Inhu

Y Penyematan
Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE saat menerima penghargaan Anugrah Dwipa Praja Nugraha langsung dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, di Bekasi, Jawa Barat, (30/11/2019)

WIRANESIA.ID- Pendidikan merupakan bidang maha-penting dalam memajukan suatu bangsa dan daerah. Sumber daya manusia yang unggul adalah tujuan dari setiap kabupaten/kota di Riau dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu kabupaten di Riau yang berkomitmen terhadap pendidikan adalah Kabupaten Indragiri Hulu. Pendidikan menjadi perhatian (prioritas) utama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, lewat bupatinya, H. Yopi Arianto SE, yang selalu berkomitmen memajukan pendidikan di Negeri Bersejarah tersebut.

Hal ini nampak saat Bupati Yopi Arianto memerhatikan dan peduli dalam segi fasilitas sekolah, tenaga pendidik (guru), dan peserta didik, termasuk kualitas pendidikan secara umum di Inhu.

Di era Yopi, banyak sekolah yang dibangun, mulai dari tingat SD, SMP, SMA/SMK. Perwujudan pembangunan tersebut berupa ruang kelas atau fisik bangunan sekolah yang telah dimakan usia.

Salah satu sekolah yang dibangun Pemkab Inhu misalnya adalah SD Negeri 025 Sekip Hilir, Rengat.

Gedung sekolah dasar Sekip Hilir yang dibangun Pemkab Inhu tampak megah

Dalam catatan, pada tahun 2019 ini jumlah SD meningkat pesat mencapai 308 unit, jumlah SMP juga meningkat menjadi 73 unit, yang terdiri dari SMP Negeri sebanyak 64 unit dan swasta sebanyak 9 unit. Selain itu jumlah PAUD juga mencapai 311 unit yang terdiri dari TK 178 unit (TK Negeri 9 unit) dan swasta 168 unit, hal ini diungkap PLT Kepala Dinas Pendidikan Inhu, Kamaruzaman.

Sedang untuk meningkatkan kualitas guru dan peserta didik, Yopi Arianto juga mengupayakannya dengan memberi bantuan kepada ribuan guru komite MDTA, termasuk melakukan wisuda anak didik tersebut se-kabupaten Inhu setiap tahun di halaman kantor Bupati, di Kabupaten yang tenar dengan Suku Talang Mamaknya ini.

Bupati Inhu Yopi Arianto bersalaman dengan Mendikbud RI, Nadiem Makarim di sela-sela peringatan Hari Guru Nasional di Bekasi

Bantuan tersebut berupa transportasi bagi guru saban bulannya sebesar Rp. 350 ribu untuk setiap guru, berdasar pengabdiannya bagi pendidikan di Inhu.

“Sesuai arahan Bupati Inhu Yopi Arianto yang sangat peduli akan dunia pendidikan di Inhu, sebanyak 1.326 orang guru SD dan SMP serta 2.417 orang guru MDTA akan menerima dana transportasi setiap bulannya. Begitu juga terhadap 927 orang guru PAUD, 49 orang pengelola MDTA serta 45 orang guru marginal,” kata Kamaruzaman.

Komitmen Bupati Yopi Arianto terhadap pendidikan khususnya para guru di Indragiri Hulu dibuktikan pada saat Hari Guru Nasional pada 30 November 2019 lalu. Di mana ia adalah satu-satunya kepala daerah di Riau yang menerima penghargaan yang bertajuk Dwipa Praja Nugraha tersebut.

Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Bekasi, Jawa Barat.

Bupati Inhu Yopi Arianto saat hadir dalam acara penghargaan di Hari Guru Nasional 2019 di Bekasi akhir November 2019

Yopi dianggap peduli dan berkomimen terhadap mutu pendidikan dan profesi guru di Inhu.
Penghargaan lain yang didapat Bupati Inhu adalah berangka tahun 2017. Saat itu, Yopi menerima piagam Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau, yang diserahkan langsung Sekretaris Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud di Pekanbaru.

Selain perhatian terhadap para guru, Pemkab Inhu juga memberikan beasiswa bagi pelajar yang kurang mampu di Kabupaten Inhu dalam rangka menyukseskan wajib belajar 9 dan 12 tahun.

Di bidang pendidikan agama, Bupati Yopi Arianto juga terus menyokong Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho (MDTW).

Tampak sebuah gedung sekolah yang sedang dibangun Pemkab Inhu

Pendidikan tinggi pun juga demikian ikut menjadi perhatian sang Bupati. Komitmen Pemkab Inhu terhadap pendidikan tinggi adalah dibangunnya fasilitas kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri.

Komitmen Pemkab Inhu terhadap STIE salah satunya dari segi fasilitas kampus, seperti gedung, dan sarana pra-sarana lainnya.

Saat ini ribuan mahasiswa telah berhasil lulus dari kampus ini dan berkhidmat di berbagai bidang di Inhu. Setiap angkatan ratusan mahasiswa diwisuda dari kampus kebanggaan orang Inhu ini.

Pada wisuda angkatan XIII, Desember 2018 misalnya, STIE Indragiri mewisuda sebanyak 336 mahasiswa. Sedangkan di tahun akademik 2019/2020, wisuda sarjana angkatan XIX menamatkan mahasiswa sebanyak 344 orang sarjana.

Bupati Inhu Yopi Arianto (keempat kiri) berpose lengkap dengan alat kesenian gendang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi saat menerima penghargaan dari Mendikbud RI

Selain itu, Bupati Inhu H.Yopi Arianto, SE juga sangat dekat dengan para mahasiswa di perantauan yang sedang menuntut ilmu, baik yang kuliah di Pekanbaru, Yogyakarta, Padang, dan beberapa kota lainnya. Pembinaan terhadap mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan terus digalakkan oleh pemerintah Inhu sejak dulu hingga era pemerintahan H. Yopi Arianto SE. ***

Pembangunan SD Negeri 025 Sekip Hilir, salah satu komitmen bidang pendidikan Pemkab Inhu