Pemkab Inhu: Upaya Terus-Menerus Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE saat peresmian Main Hall RSUD Indrasari

WIRANESIA.ID- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, terus berusaha melayani warga Inhu, khususnya dalam bidang kesehatan. Bagimanapun kesehatan adalah salah satu faktor penting dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai indikator tingkat kesejahteraan masyarakat.

Pemkab Inhu melayani warganya hingga ke tingkat bawah dengan terus membenahi kualitas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan puskesmas pembantu di kecamatan-kecamatan yang ada di Negeri Bersejarah itu. Upaya pembenahan itu di antaranya dari segi infrastruktur berupa bangunan fisik dan kualitas pelayanan, serta bagaimana sebuah puskesmas kecamatan mendapatkan akreditasi.

Akreditasi adalah amanah dari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014 dimana setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu, Elis Julinarti DCN, Mkes., dari 20 jumlah Puskesmas di Inhu (tersebar di kecamatan-kecamatan), sudah 8 Puskesmas yang terakreditasi. Seperti Puskesmas Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida, Puskesmas Kuala Cenaku, Puskesmas Peranap, Puskesmas Pekan Heran Kecamatan Rengat Barat, Puskesmas Sei Lala, Puskesmas Sipayung Kecamatan Rengat, Puskesmas Seberida Kecamatan Batang Gansal, dan Puskesmas Airmolek Kecamatan Pasir Penyu.

“Pelayanan kesehatan merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kesejahteraan masyarakat. Pemerintah memiliki kewajiban utama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita memprioritaskan kesejahteraan dan masyarakatnya. Sesuai visi-misi ‘Menuju Indonesia Sehat 2020 dan Inhu Sejahtera 2021’,” kata Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE dalam sebuah kesempatan.

Bupati Inhu Yopi Arianto melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Utama RSUD Indrasari

Fasilitas lain yang dimiliki puskesmas kecamatan di Inhu adalah fasilitas rawat inap di setiap kecamatan.

Masyarakat di Inhu yang ingin berobat di masing-masing puskesmas kecamatan juga tidak dikenai biaya alias gratis. Termasuk untuk obat yang diperlukan pasien juga diberikan secara cuma-cuma.

Program kesehatan lain yang dilakukan Pemkab Inhu adalah sunatan massal bagi anak-anak di Inhu. Ini adalah bentuk kepedulian sosial Pemkab Inhu bagi warganya demi mengurangi beban bagi masyarakat kecil ketika akan mengkhitankan anaknya.

Program sunatan massal Pemkab Inhu diadakan di kecamatan-kecamatan yang ada di kabupaten yang terkenal dengan Raja Narasinganya ini. Tempat Program Sunatan Massal Pemkab Inhu digilir untuk setiap kecamatan yang ada.

Bupati Inhu berbincang dengan salah seorang pasien di RSUD Indrasari

RSUD Indra Sari
Program kesehatan Pemkab Inhu tak berhenti hingga di sini. Kepedulian Pemkab Inhu dibuktikan pula dengan bangunan megah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari yang berada di Jalan Lintas Timur, Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat.

Pemkab Inhu berkomitmen melayani warga Inhu dengan pembenahan terus-menerus RSUD Indrasari. Pembenahan itu berupa pembangunan gedung Main Hall RSUD juga gedung Guest House untuk tempat menginap keluarga pasien bagi yang datang dari tempat yang jauh.

Bupati Inhu, H. Yopi Arianto, SE., secara langsung melakukan peletakan batu pertama gedung Main Hall RSUD ini pada bulan Mei 2018 lalu. Dan gedung ini pada akhirnya diresmikan oleh Bupati Yopi Arianto pada April 2019 lalu.

Bupati Inhu Yopi Arianto meresmikan gedung utama RSUD Indrasari

Gedung Utama RSUD Indrasari ini terdiri dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), laboratorium, perkantoran, ruang pelayanan pendaftaran, dan lainnya.

“Ini hasil jerih payah dan doa kita semua, Alhamdulillah apa yang saya cita-citakan di Kabupaten Inhu ini di bidang kesehatan terwujud,” kata Bupati Yopi saat peresmian.

Sarana dan prasarana penunjang kesehatan lain yang terus dibenahi di RSUD seperti, UGD, Ruang rawat inap, dan pengadaan fasilitas rumah sakit berupa City scan, USG 4 dimensi, alat cuci darah, dan berbagai peralatan medis rumah sakit lainnya juga terus ditingkatkan.

Gedung RSUD Indrasari tampak megah

Dari segi tenaga medis, Pemkab Inhu berupaya pula terus menambah tenaga kesehatan seperti dokter di RSUD Indrasari dengan bekerja sama dengan Fakutas Kedokteran, UGM, Yogyakarta. Termasuk pula sudah adanya puluhan dokter spesialis di rumah sakit ini, seperti dokter spesialis forensik, radiologi, dan lainnya, ditambah dengan dokter umum.

Hasil dari revitalisasi RSUD kebanggaan masyarakat Inhu ini pada akhirnya diakui pihak CARS (Comite Akreditasi Rumah Sakit) yang mengurusi masalah akreditasi. Sebuah wujud keseriusan Pemkab Inhu melayani masyarakat dalam bidang kesehatan.<Adv> ***