Pemkab Pelalawan Berencana Bangun Replika Rumah Adat Paguyuban di Pangkalan Kerinci

Bupati HM Harris dan jajaran serta FPK meninjau rencana lokasi pembangunan rumah adat nusantara

WIRANESIA.ID- Pangkalan Kerinci- Pemda Pelalawan sedang merencanakan membuat replika rumah adat masing masing paguyuban yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Lokasi dibangunnya masing-masing rumah adat paguyuban tersebut rencananya di samping Balai Adat Melayu Pelalawan. Hal ini disampaikan Ir H Syahrul Syarief MSi Kepala Bappeda Pelalawan, Senin (23/12/2019).

Dikatakan Syahrul, “Bupati Pelalawan HM Harris berencana membangun replika rumah adat masing masing paguyuban. Jika nanti telah dibangun akan menjadi lokasi edukasi dan wisata,” ungkap Kepala Bappeda.

Lokasi tempat membangun replika rumah adat paguyuban sudah ditinjau Bupati bersama ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) H. Tengku Nahar bersama para pengurus FPK lainnya. FPK merupakan tempat berkumpulnya para paguyuban yang ada di kabupaten Pelalawan.

Saat peninjauan lokasi, hadir pula Plt Kadis PUPR Ir Hardian Syaputra MT dan timnya, serta Kepala Bappeda.

Pemda akan membuat masterplan dan untuk merealisasikannya akan bekerja sama dengan pihak perusahaan dan sumber dana lain yang tidak mengikat.

Replika rumah adat yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Pelalawan merupakan ikon budaya masyarakat adat Nusantara ini, sekaligus mengekspresikan Pelalawan sebagai daerah yang terdiri dari berbagai suku dan hidup kondusif.

Direncanakan lokasi pembangunan itu nanti akan dijadikan tempat edukasi dan wisata. Dan perencanaannya akan masuk pada tahun 2020 dan bangunan memakai sumber dana lain yang tidak mengikat.

Sementara itu ketua FPK Kabupaten Pelalawan H. T. Nahar mengapresiasi rencana Pemkab Pelalawan yang akan membangun replika rumah adat masing masing paguyuban itu.

“Kita bangga sebagai masyarakat Kabupaten Pelalawan, terdiri dari beragam suku. Namun tetap (satu) masyarakat Kabupaten Pelalawan yang hidup kondusif dan sama-sama berbuat untuk kemajuan Pelalawan. Sama-sama merasa memiliki Kabupaten Pelalawan, bertanggung jawab untuk kemajuan Kabupaten pelalawan,” demikian T. Nahar panjang lebar. ***