Film tentang Perang Dunia I Berjaya di Golden Globe

Foto: Geektyrant.com

WIRANESIA.ID- California- Penghargaan film bergengsi di dunia, Golden Globe Awards ke-77, dihelat di The Baverly Hilton, AS, Minggu (5/1/2020) atau Senin (6/1) pagi waktu Indonesia.

Film terbaik untuk kategori drama diraih ‘1917’. Film karya Sam Mendes ini menyisihkan sejumlah film keren lain yang memperoleh nominasi dalam kategori tersebut, yaitu ‘Joker’, ‘The Two Popes’, ‘The Irishman’, dan ‘Marriage Story’. Bisa dikatakan ini sebuah kejutan karena film yang digadang-gadang sebelumnya adalah ‘The Irishman’ dan ‘Marriage Story’.

Sukses film tentang Perang Dunia I ini juga membuat sang sutradara Sam Mendes dinobatkan sebagai sutradara terbaik Golden Globe mengalahkan Martin Scorsese, Bong Joon-ho, Todd Phillips, dan Quentin Tarantino.

Dilansir dari The Hollywood Reporter seperti diulas Tirto, dalam pidato penerimaan penghargaannya, Mendes menyebut Martin Scorsese. “Tidak ada satu sutradara di dunia yang tidak dalam bayangan Martin Scorsese, aku harus mengatakan ini,” kata sutradara asal Inggris itu.

Di kategori musik atau komedi, film terbaik digapai oleh ‘Once Upon a Time in Hollywood’ besutan sutradara Quentin Tarantino. Film yang dikalahkannya adalah ‘Rocketman’, ‘Dolomite is My Name’, ‘Knives Out’, dan ‘Jojo Rabbit’.

Brad Pitt (kiri) dalam film Once Upon a Time in Hollywood. . Foto: Imdb/Tirto

Sementara aktor tampan Brad Pitt meraih aktor pendukung terbaik berkat tampilannya di film ‘Once Upon a Time in Hollywood’. Brad Pitt mengalahkan aktor lejen lain seperti Tom Hanks, Al Pacino, serta aktor lainnya.

Di kategori komedi/musik ini aktor terbaik diraih oleh Taron Egerton lewat film ‘Rocketman’, sedang aktris terbaik diberikan pada Awkwafina yang berakting di film ‘The Farewell’.

Di kategori drama, Aktor Joaquin Phoenix menyabet penghargaan sebagai aktor terbaik. Aktingnya sebagai Joker itu mengalahkan Christian Bale (Ford v Ferrari), Antonio Banderas (Pain and Glory), Adam Driver (Marriage Story), dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Untuk film berbahasa asing terbaik jatuh pada karya sutradara asal Korea Bong Joon-ho yang bertitel ‘Parasite’. Memang sejak awal film ini menjadi perbincangan di dunia. Ini bukti bahwa Korea tidak hanya menghasilkan K-Pop lewat joget-jogetnya saja, tapi juga menghasilkan film berkualitas dunia.

Film Jojo Rabbit, salah satu film unggulan di Golden Globe 2020. Foto: dok Foxsearchlight/Youtube/CNN

Berikut pemenang lainnya untuk beberapa kategori:

Best Actress in a Motion Picture – Drama
Renée Zellweger – ‘Judy’

Best Actor in a Motion Picture – Drama
Joaquin Phoenix – ‘Joker’

Best Actor in a Supporting Role in any Motion Picture
Brad Pitt – ‘Once Upon a Time in Hollywood’

Best Actress in a Supporting Role in any Motion Picture
Laura Dern – ‘Marriage Story’

Best Screenplay – Motion Picture
Quentin Tarantino – ‘Once Upon a Time in Hollywood’

Best Motion Picture – Musical or Comedy
“Once Upon a Time in Hollywood” (Sony)

Best Motion Picture – Foreign Language
“Parasite” (CJ Entertainment)

Best Motion Picture – Animated
“Missing Link” (United Artists Releasing)

Best Original Song – Motion Picture
“(I’m Gonna) Love Me Again” – ‘Rocketman’