Lewat Trigolnya, Haaland Catatkan Sejumlah Rekor di Bundesliga

Foto: Reuters

WIRANESIA.ID- Jerman- Amat gemilang debut Erling Braut Haaland bersama Borussia Dortmund. Menghadapi Augsburg di WWK Arena, Sabtu (18/1/2020) malam WIB, dia mencetak hattrick lewat gol-gol pada menit 59′, 70′, dan 79′.

Hattrick itu, pertama-tama, berperan penting membawa Dortmund meraih kemenangan 5-3 atas sang tuan rumah. Kedua, torehan spesial ini membuat dirinya mencatatkan sejumlah rekor baru dalam sejarah Bundesliga 1.

Haaland kini tercatat sebagai pemain termuda di Bundesliga 1 yang melakoni debut dengan torehan tiga gol sekaligus. Pada usia 19 tahun (5 bulan, 28 hari), dia melewati catatan berusia sebelas tahun milik Martin Fenin.

Sosok yang saat ini berumur 32 tahun tersebut menjalani debutnya untuk Eintracht Frankfurt saat melawan Hertha Berlin pada Februari 2008. Waktu itu, Frankfurt menang 3-0 atas Hertha yang semua golnya berasal dari Fenin.

Fenin sendiri kala itu butuh waktu 90 menit di atas lapangan untuk mencetak hattrick pada laga debutnya. Haaland, di sisi lain, cuma butuh waktu 23 menit. Dia masuk sebagai pengganti di menit ke-56 dan melengkapi hattrick-nya di menit ke-79.

Hal tersebut pada akhirnya membawa Haaland memecahkan satu rekor lain. Sosok berkebangsaan Norwegia itu kini menjadi pemain yang mencetak trigol pada laga debut dengan waktu yang paling cepat di Bundesliga.

Haaland melewati catatan sejumlah pemain, termasuk Pierre-Emerick Aubameyang (79 menit, 2013) yang juga pernah bermain untuk Dortmund. Adapun, rekor tercepat ini sebelumnya dipegang oleh Hermann Ohlicher bersama Stuttgart (62 menit, 1973). Kumparan.com.