Fenomena Corona, Warga Riau di Wuhan Minta Dievakuasi

Capture video Rio Alfi dan anaknya sedang berjalan di trotoar di Kota Wuhan, China, Senin (27/1/2020). Foto: Kompas.com

WIRANESIA.ID- Wuhan- Virus corona tak hanya membuat risau warga China atau negara-negera lainnya, tetapi, virus ini juga membuat takut warga Riau yang ada di Wuhan, China. Seperti dilaporkan Kompas.com Selasa (28/1), sebanyak empat orang mahasiswa asal Riau berada di Kota Wuhan, China, dan mereka berharap segera dievakuasi dari kota Wuhan.

Hal itu diakui Rio Alfi, salah satu mahasiswa S2 di China University of Geosciences di Wuhan asal Riau.

“Semua ingin keluar dari Wuhan,” kata Rio dikutip Kompas.com.

Untuk keluar dari Wuhan, ia meminta bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Saya berharap bukan hanya pemprov, akan tetapi semua pihak di Indonesia, untuk melakukan yang terbaik untuk semua WNI (warga negara Indonesia) pelajar Indonesia,” harap Rio.

Menanggapi nasib beberapa warganya yang sedang berada di Wuhan, China, Pemerintah Provinsi Riau akan menghubungi Konsulat Jenderal dan Kedutaan Besar Indonesia di China. Evakuasi akan dilakukan jika otoritas setempat memberikan izin.

Sekda Provinsi Riau Yan Prana sudah memerintahkan Dinas Kesehatan Riau untuk berkomunikasi dengan pihak terkait.

“Kabar terakhir kabar warga Riau di sana baik, ada enam orang,” kata Yan Prana usai mengecek thermo scanner di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dikutip Liputan6.com.

Dikutip dari Liputan6.com, Pemerintah Provinsi Riau juga sudah menyiapkan ruangan isolasi di Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau Mimin Yuliani Nazir meminta masyarakat agar tidak panik menyikapi virus ini, sebab belum ada laporan dari kabupaten atau kota tentang masuknya virus ini.

“Masyarakat diimbau tetap waspada, tapi tetap jangan panik,” kata Mimin, masih dikutip Liputan6.com. ***