Nama Rusli Zainal Diabadikan Jadi Nama Gedung Guru di Kota Pekanbaru

WIRANESIA.ID- Nama HM Rusli Zainal masih menjadi pesona di Bumi Melayu Riau. Gubernur Riau dua periode ini mempunyai jasa yang tak sedikit bagi Riau. Banyak ide-ide segar yang dilaksanakannya selama ia memimpin Riau. Salah satu bidang yang tak lepas dari gubernur yang memiliki suara indah ini adalah pembangunan di Provinsi Riau, mulai dari jalan, jembatan, dan gedung-gedung penting, seperti perpustakaan, dan lainnya.
Atas jasanya inilah, nama Rusli Zainal diabadikan menjadi nama Gedung Guru di Kota Pekanbaru, yang menurut rencananya diresmikan oleh Gubernur Riau Syamsuar, Sabtu (1/2) hari ini.

Pemberian nama Gedung Guru ini dibenarkan oleh Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Riau, Dr M Syafii.

“Jadi nama Gedung Guru Riau dengan sebutan Gedung Guru HM Rusli Zainal itu dengan delapan alasan dan pertimbangan,” ujarnya dikutip Cakaplah.com.

Delapan alasan itu di antaranya terkait dengan program Rusli Zainal sewaktu ia menjadi Gubri. Salah satu, misalnya tokoh asal Inhil ini tenar dengan program pembangunan K21 nya.

Selain itu, Rusli juga menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam kepemimpinannya.

Yang lain, Rusli Zainal juga dianggap peduli dengan nasib para guru di daerah-daerah di seluruh Riau, membangun gedung guru di tempat yang strategis di Kota Pekanbaru, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Disampaikan Dr. M. Syafii, pemberian nama Gedung Guru ini juga berdasar surat PGRI pusat tahun 2007 yang meminta agar Gedung Guru Provinsi Riau diberi nama.

Pengurus PGRI, kata Syafii, juga telah melakukan audiensi dengan kepala daerah Riau, dan pihak terkait lain.

Mantan Gubernur Riau, HM Rusli Zainal

“Selain itu kita juga sudah meminta izin kepada pak Rusli Zainal, apakah beliau bersedia namanya dijadikan nama gedung guru. Alhamdulillah beliau berkenan,” ujarnya dikutip GoRiau.

Gedung Guru HM Rusli Zainal tepat berada di jantung kota Pekanbaru, yaitu di Jalan Jenderal Sudirman-Persimpangan Jalan Parit Indah. ***