Komandan Korem 031/Wirabima Dijabat Putra Riau, Kol Inf M Syech Ismed

M Syech Ismed (kanan) saat bertugas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan tahun 2019. Foto: Banjarmasinpost.co.id

WIRANESIA.ID- Medan- Jabatan Komandan Korem 031/Wirabima diserahterimakan dari Brigjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT kepada Kolonel Inf M Syech Ismed, SE, MHan, pada Kamis (23/4/2020).

Acara tradisi korps penerimaan, serah terima jabatan ini dipimpin langsung oleh Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah di Balai Prajurit Makodam I/BB, Medan.
Kolonel Inf M Syech Ismed, SE, MHan, sebelumnya menjabat Danrem 101/Antasari, Banjarmasin, Kodam VI/Mulawarman. Sedangkan Brigjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT, selanjutnya menjabat Danpusdikter Pusterad (Validasi Orgas) Mabes TNI.

Dalam acara yang sederhana dan tetap menerapkan social distancing serta physical distancing ini, Pangdam I/BB menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama, karena telah mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pokok Kodam I/BB.

“Kepada pejabat baru, saya berharap untuk bisa meneruskan apa yang sudah baik dari pejabat lama, dan memberi warna yang lebih baik lagi serta mengevaluasi hal-hal yang mungkin selama ini belum terlihat oleh pejabat lama,” terang Mayjen Fadhilah.

Di tempat terpisah, Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Trisasanti MS Fadhilah juga memimpin acara serah terima jabatan Ketua Persit KCK Koorcabrem 031 PD I/BB dari Ny Mohammad Fadjar kepada Ny M Syech Ismed.

Turut hadir dalam acara, di antaranya Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, Asrendam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, serta pengurus Persit KCK PD I/BB.

Mutasi Besar-besaran
Pemindahan tugas Kol Inf M Syech Ismed dilakukan setelah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi jabatan terhadap 329 orang Perwira Tinggi (Pati), beberapa waktu lalu.

Mutasi jabatan di lingkungan TNI ini, dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/385/IV/2020tanggal 9 April 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 329 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 282 Pati TNI AD, 14 Pati TNI AL dan 33 TNI AU.

Dalam daftar nama mutasi, mencuat Kolonel Inf M Syech Ismed, yang sebelumnya menjabat Danrem 101/Antasari, Banjarmasin. Kolonel Inf M Syech Ismed SE MHan yang merupakan Putra Pekanbaru.

Ia adalah anak laki-laki almarhum Ismed Harunsyah (Wakil Ketua DPRD Riau periode tahun 1990-an)

Karir Moncer
Bagi Kolonel Inf M Syech Ismed sendiri, Kota Pekanbaru dan tanah Riau adalah daerah yang tak asing lagi.

Di kota dan di negeri ini, Kolonel Inf M Syech Ismed lahir dan besar. Bahkan, pendidikan dasar dan menengahnya dihabiskan di Kota Pekanbaru.

Dalam menjalani karir militer, M Syech Ismed terbilang sangat cemerlang. Ia adalah sosok perwira muda dengan karir yang cepat melesat. Prestasi itu tentunya berangkat dari kemampuan pribadi M Syech Ismed sendiri.

Ia memang memiliki catatan yang moncer. Saat menjalani pendidikan perwira tinggi pada tahun 2017 silam, M Syech Ismed malah didaulat menjadi Komandan Resimen Siswa.

Prestasi itu tentunya tak main-main, sebab M Syech Ismed tidak menjadi komandan bagi prajurit bawah. Namun ia menjadi pemimpin bagi calon perwira menengah dan perwira tinggi kala itu.

Dengan mengemban tugas baru sebagai Komadan Korem 031 Wirabima, M Syech Ismed ibarat pulang kampung.

Selain lahir dan besar di sini, M Syech Ismed juga pernah bertugas sebagai Komandan Batalyon pernah bertugas sebagai Komandan Batalyon 132 Salo pada tahun 2009 silam.

Momen serah terima jabatan Danrem 031/Wira Bima di Balai Prajurit Makodam I/Bukit Barisan, Medan, Kamis (23/4) pagi.

Berikut Rekam Jejak M Syech Ismed yang disarikan oleh Tribunpekanbaru.com dari berbagai sumber:

Tahun 1993
Lulus Dari Akademi Militer di Magelang
Tahun 2009
Komandan Batalyon I32 Bima Sakti Salo, Bangkinang, Provinsi Riau dengan pangkat Letnan kolonel
Tahun 2012
Resmi menjabat sebagai Komandan Kodim 0315/Bintan, Provinsi Kepulauan Riau
menggantikan Letkol Inf Jimmy Watuseke. Kala itu, Syech Ismed memiliki pangkat Letnan Kolonel

Tahun 2015
Masih dengan pangkat Letnan Kolonel, M. Syech Ismed mengemban amanah sebagai Aspers Kasdam II/Sriwijaya di Palembang
Tahun 2017
Komandan Resimen Siswa pada Pendidikan Pembentukan Perwira ( Diktukpa ) gelombang II dan Pendidikan Pembentukan Perwira Khusus TNI AD Tahun Ajaranv 2017

Tahun 2019
Dipercaya menjabat Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari menggantikan Brigjend Syaiful Rahman. Saat itu, pangkat yang disandang M Syech Ismed adalah Kolonel.
Tahun 2020
M Syech Ismed diberi amanah menjadi Komandan Korem 031/Wirabima, Provinsi Riau. Dengan jabatan itu, M Syech Ismed mendapat promosi kepangkatan menjadi Brigadir Jenderal. Sumber: Tribunpekanbaru.com